Mobil Terendam Banjir Simak Ketentuan Klaim Asuransinya
Hujan deras yang terjadi secara terus menerus pada awal Maret 2025 lalu menyebabkan sejumlah Kawasan di JABODETABEK Terendam Banjir. Akibat banjir ini tidak hanya infrastruktur tapi juga tak sedikit kendaraan bermotor yang terendam. Bagi pemilik kendaraan yang terdampak, kerugian bisa sangat besar, baik dari segi perbaikan maupun kehilangan kendaraan.
Dalam kondisi seperti ini, kesiapan masyarakat dalam mengantisipasi kerugian yang ditimbulkan sangat penting. Salah satunya adalah dengan membeli asuransi kendaraan bermotor untuk menghindari kerugian finansial yang ditimbulkan akibat biaya kerusakan kendaraan.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda melakukan klaim Banjir atas Kendaraan:
- Pastikan Asuransi Kendaraan yang Anda Beli masih aktif dan mencakup perluasan Risiko Banjir
Apapun jenis polis yang Anda miliki (TLO atau Comprehensive) penting untuk Anda memperhatikan masa aktif Polis Anda dan cakupan perlindungan risiko di dalamnya. Sebagian besar kasus klaim yang ditolak dikarenakan pemilik kendaraan tidak menyadari bahwa masa berlaku polis telah berakhir.
- Dokumentasikan Kerusakan Kendaraan
Jangan lupa mengambil foto / video kendaraan sesudah kejadian sesuai instruksi yang dibutuhkan pada saat klaim, serta berikan kronologis kejadian secara lengkap.
- Tidak Ada Unsur Kesengajaan / Kelalaian
Klaim asuransi kendaraan dapat ditolak jika mobil dengan sengaja atau dipaksakan untuk melewati banjir. Kesengajaan dalam konteks ini merujuk pada kondisi di mana pemilik kendaraan tetap mengemudikan mobilnya di area yang sudah diketahui tergenang air. Perlu diingat, perlindungan terhadap risiko banjir umumnya tidak berlaku bagi kendaraan yang secara sadar dikendarai melewati genangan air. - Siapkan Dokumen Pendukung Klaim dan Laporkan Segera
Dokumen – dokumen seperti Polis Asuransi, STNK, SIM serta surat keterangan kepolisian (jika dibutuhkan) harus disiapkan secara lengkap untuk mempermudah proses klaim.
Penting juga untuk memperhatikan waktu pelaporan klaim, pastikan Anda melaporkan kejadian sesuai batas waktu yang ditentukan.
Selain memastikan syarat di atas terpenuhi, pastikan asuransi yang Anda miliki menyediakan layanan call center 24 jam. Layanan Halomia 24 Jam milik Asuransi Umum Mega akan memudahkan Anda untuk mendapatkan bantuan darurat dengan cepat dan efisien.
Yuk, lindungi kendaraan Anda dari banjir! Dapatkan Asuransi Mega Kendaraan disini
Informasi lebih lanjut dapat dilihat di e-brosur Mega Kendaraan atau hubungi Halomia di 1500-119.